hafizfaturrahman.com

WAKTU...

Pernahkah kamu berpikir untuk menghentikan atau bahkan mengulang waktu yang sudah berlalu? Mungkin sebagian dari kalian pernah memikirkannya dan saya rasa itu manusiawi. Tujuannya adalah untuk memperbaiki kesalahan di masa lalu atau menjadikan yang baik menjadi lebih baik. Namun, mau tidak mau harus kita terima bahwa waktu tidak dapat berhenti dan dihentikan. Waktu akan terus berjalan dengan sendirinya tanpa ada yang mengaturnya kecuali Allah SWT.
Waktu adalah sebuah perjalanan detik, menit, dan jam dan membesar ke bilangan hari, bulan, tahun, windu, dasawarsa, dekade, abad, dan sejenisnya. Semua sebutan tersebut berkontinuitas dan tak pernah berhenti sampai Sang Pencipta menghentikannya. Ada lelucon antara seorang anak kecil dengan seorang ustadz:


“Kala itu seorang anak kecil bernama Boni sedang belajar mengaji dengan seorang ustadz bernama Bang Roni. Di akhir pembelajaran, biasanya Bang Roni memberikan materi seputar kehidupan dan agama. Saat itu, Bang Roni memberikan materi tentang waktu. Bang Roni mengatakan bahwa waktu tidak dapat dihentikan apalagi dikembalikan, itu sebabnya kita sebagai manusia harus selalu melakukan kebaikan di setiap detiknya. Namun, Boni menyangkalnya. Ia menceritakan bahwa kemarin ibunya bisa menjalankannya lagi waktu yang berhenti. Bang Roni pun kaget dan meminta Boni menceritakannya lebih banyak. Boni akhirnya bercerita: “kemarin siang di saat dirinya tengah bermain di dalam rumah, tiba-tiba terdengar adzan dzuhur yang membuat ibunya terkejut. Ibu Boni terkejut karena jam di dinding rumahnya baru menunjukkan pukul 08.35 dan adzan dzuhur sudah dikumandangkan. Setelah terdiam sejenak, ibu Boni tersadar akan sesuatu dan bergegas menghampiri tempat jam tersebut. Boni bertanya, “Kenapa dengan jamnya, Bu?”. “Ini jamnya mati, ibu mau jalankan lagi”, jawab ibunya. Boni yang masih polos meresapi kalimat tersebut denan anggapan lain. Ia menganggap ibunya bisa mengatur waktu di dunia ini. mendengar cerita tersebut, Bang Roni dan beberapa murid lainnya tak bisa menahan tawa. Mereka tertawa kecil mendengar cerita Boni. Akhirnya Bang Roni menjelaskan kepada Boni bahwa yang dimaksud ibunya adalah mengganti batere pada jam agar jam bisa bergerak kembali dan bukan berarti mengatur jam dunia ini. Boni pun paham dan merasa sedikit malu dengan teman-temannya.”

Membaca cerita di atas, dapat kita ilhami bahwa waktu adalah sesuatu yang akan terus berjalan dan tidak bisa berhenti apalagi diatur oleh manusia. Esensi dari pembelajaran mengenai waktu adalah bagaimana kita menggunakan waktu yang terus berjalan tersebut dengan semaksimal mungkin dan tentunya bermanfaat. Buang segala perbuatan dan aktivitas yang tidak perlu dan tidak terlalu bermanfaat bagi kehidupan yang sementara ini karena sejatinya waktu kita di dunia ini mempunyai masa yang akan terus berkurang dan tak pernah ada injury time.

Lihatlah jam digital dan analog di bawah ini, bukankah keduanya menunjukkan waktu yang sama dan akan terus berjalan tanpa pernah berhenti!?


Jam Digital

Jam Analog
                                                                                                       clock costumized by: clockwidget.net


“Jangan Pernah Berharap Waktu akan Berulang Kembali, Tapi Berharaplah Waktu Esok akan Selalu Lebih Baik dari Waktu Kemarin”

0 Response to "WAKTU..."

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai isi tulisan di atas.
Komentar Anda sangat berarti bagi perkembangan blog ini..
Terima Kasih :D

Terima Kasih Atas Kunjungannya - - Silahkan Datang Kembali
Bookmark blog ini (Ctrl+D) || Sewaktu-waktu mungkin dibutuhkan
Toko Online Gratis
HF corner Powered by Blogger