hafizfaturrahman.com

Nilai Terbaik itu Belum Tentu Milikmu!

Saya yakin yang membaca tulisan ini adalah orang-orang yang tengah atau pernah mengeyam bangku sekolahan. Sebagai peserta didik, kita pastinya akan dihadapkan dengan segala ujian yang mengharuskan kita mendapat nilai terbaik yang ditentukan didalamnya. Misalkan saja UTS (Ujian Tengah Semester) atau UAS (Ujian Akhir Semester). Keduanya sangat begitu berketergantungan. Alhasil semua siswa ataupun mahasiswa mengharapkan skor maksimal dengan caranya masing-masing.

Hal itulah yang akhirnya membuat otak berpikir keras memikirkan bagaimana cara terbaiknya. Seseorang yang berpikir cerdas tentunya akan memanfaatkan waktu yang ada untuk lebih mengintensifkan waktu belajarnya, sedangkan yang lainnya berpikir bagaimana mendapat contekan, bocoran, atau membuat catatan kecil sendiri. Memang, hal tersebut dilakukan tidak lain untuk membuat orang lain bangga dan senang melihatnya. Tapi tampaknya mereka melupakan suatu hal.

Ya, mereka lupa bahwa segala nilai yang didapatnya haruslah diimbangi dengan output yang jauh lebih baik di kemudian hari. Kedepannya mereka harus berjuang mempertahankan nilai demi menjaga nama baik. Padahal mereka tau bahwa kemampuannya belum mampu untuk kesana.

Oleh karena itu, sesuai judul tulisan ini, saya berpendapat bahwa nilai atau skor maksimal yang kalian dapat dengan cara curang, akan kembali menyerang kehidupan kalian yang justru akan tambah terpuruk. Yakinilah bahwa berapapun nilai yang didapat dari hasil ujian adalah usaha kita sendiri dan itu nilai yang terbaik untuk kita sendiri. Seburuk atau sebagus apapun nilai alangkah lebih baik ditanggapi dengan rasa syukur yang mendalam kepada Allah SWT. karena sebaik apapun rencana kita, jauh lebih baik rencana Allah untuk kita. So, jangan pernah mengeluh dengan skor kecil dan kurang memuaskan. Justru dengan seperti itu harusnya kita bisa bangkit dan menyadarkan diri bahwa sudah saatnya berhenti bermain-main.  Dengan meyakini hal tersebut, insya Allah kita akan menjadi orang yang jauh lebih baik di hari-hari esok.—



“SKOR MAKSIMAL ITU BELUM TENTU NILAI TERBAIK”

0 Response to "Nilai Terbaik itu Belum Tentu Milikmu!"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai isi tulisan di atas.
Komentar Anda sangat berarti bagi perkembangan blog ini..
Terima Kasih :D

Terima Kasih Atas Kunjungannya - - Silahkan Datang Kembali
Bookmark blog ini (Ctrl+D) || Sewaktu-waktu mungkin dibutuhkan
Toko Online Gratis
HF corner Powered by Blogger