hafizfaturrahman.com

Peringatan Sumpah Pemuda Tahun 2012


Tidak terasa peringatan sumpah pemuda telah menginjak angka 84 (delapan puluh empat). Suatu angka yang sudah tidak bisa dikatakan sedikit lagi. Yang akan dibahas kali ini adalah mengenai isi dari sumpah itu sendiri. Sumpah yang konon katanya diucapkan pemuda-pemudi guna membentuk negara Republik Indonesia. Tanpa harus dipaksa, otak kita akan secara otomatis akan berjalan mundur ke tanggal 28 Oktober 1928 untuk membayangkan bagaimana kondisi ketika pemuda mengucapkan sumpahnya sendiri. Ketika mengingat tersebut, secara spontan otak kita juga akan mengingat isi dari sumpah pemuda yang berisikan tiga ayat tersebut. Isi ayat-ayat sumpah pemuda kurang lebih berbunyi seperti ini:


Sumpah Pemuda
1. Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertanah air yang satu, Tanah Air Indonesia.
2. Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa satu, Bangsa Indonesia.
3. Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.



Menilik lebih dalam lagi makna dalam isi sumpah tersebut, secara tidak langsung kita akan berpikir “Wah, jika 84 tahun yang lalu saja kita bisa seperti itu kompaknya, bagaimana di abad 21 ini??” . Ya, terkesan ironi memang. Di saat yang seharusnya terjadi adalah “begini”, tapi harus terpaksa merasakan “begitu”.

Menjelaskan kalimat yang dikutip di atas

Kata “begini”, mungkin sebagian orang sudah memahaminya. Ya, melihat kekompakkan yang terjadi puluhan tahun lalu itu, seharusnya di tahun-tahun ini, kita semua dapat bersatu dan membuat negara ini maju. Dan itu arti kata “begini”. And then, bagaimana dengan kata “begitu”. Puluhan tahun berlalu, nampaknya bangsa ini justru semakin jauh dari bayangan “begini”, hampir antar semua ras atau suku di pedalaman masih bersikap individualistis terhadap sukunya, sehingga tidak bisa mengompakkan diri dengan yang lainnya. Namun, secara jelas kekurangkompakkan tak hanya terjadi di pedalaman daerah saja. Kita bisa melihat aksi-aksi mahasiswa dan pelajar SMA di televisi. Sebagian kecil bisa mengharumkan namanya dengan prestasi, sebagian lainnya membusukkan namanya dengan tindakan kriminal, ya “begitu”lah.

Itulah yang sebenarnya menjadi persoalan utama bangsa ini. Jika Presiden Soekarno selalu berkata “JASMERAH” atau Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah. Ungkapan yang seratus persen saya sukai. Bagaimana tidak? Pandangan remaja di abad 21 ini memang sudah seharusnya kembali ke zaman lalu. Penuh ketentraman, kedamaian, dan kekompakkan. Hal-hal itulah yang jarang sekali terjadi saat ini.

Oleh sebabnya, HF corner mengajak para pemuda Indonesia untuk kembali mengingat SUMPAH PEMUDA dan berusaha mewujudkan apa yang ada didalamnya. Yuk, Kita Pasti Bisa!!!


"Inspirasi Datang Dari Manapun,Tak Terkecuali Masa Lalu"


~~ SUMPAH PEMUDA [28 Oktober 1928-2012]~~

0 Response to "Peringatan Sumpah Pemuda Tahun 2012"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai isi tulisan di atas.
Komentar Anda sangat berarti bagi perkembangan blog ini..
Terima Kasih :D

Terima Kasih Atas Kunjungannya - - Silahkan Datang Kembali
Bookmark blog ini (Ctrl+D) || Sewaktu-waktu mungkin dibutuhkan
Toko Online Gratis
HF corner Powered by Blogger