hafizfaturrahman.com

Tuhan dan Hamba-Nya

Cerita kali ini kembali diangkat dari kisah nyata saya. Kisah saat dimana saya dan mungkin ada diantara kalian yang belum beruntung mendapat perguruan tinggi melalui jalur PMDK. Tanpa panjang lebar, silahkan menyimak cerita saya kali ini.

-----

Tanggal 18 Mei 2011 mungkin ialah tanggal yang ditunggu-tunggu sebagian siswa kelas 12 SMA/MA/SMK yang mengikuti jalur SNMPTN(Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) undangan. Jalur ini baru diselenggarakan pada tahun ini. Mengenai SNMPTN undangan, mungkin sebagian dari kalian sudah mengetahuinya. SNMPTN undangan ialah jalur yang dibuat Kemdiknas (Kementrian Pendidikan Nasional) untuk memberi suatu penghargaan kepada siswa yang berprestasi selama di SMA/MA/SMK selama 3 semester terakhir dalam bentuk pembebasan ujian tertulis untuk masuk PTN sesuai keinginan. Namun, tidak semua siswa berprestasi bisa mendapatkan penghargaan tersebut karena berbagai faktor.
Salah satunya ialah ketersediaan kursi di PTN yang tidak sebanding dengan peminat sehingga yang bisa mendapatkannya ialah siswa yang mempunyai nilai tertinggi dari seluruh SMA/MA/SMK di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, semua siswa yang mengikutinya selalu berdoa agar nilainya lebih tinggi dari yang lain.
Saya sendiri sebenarnya tidak mengikuti jalur SNMPTN undangan karena nilai saya tidak mencukupi. Namun, saya juga salah satu siswa yang menunggu-nunggu tanggal 18 Mei tersebut. Mengapa? Jawabannya ialah karena saya mengikuti PMDK sebuah PTN di Jakarta yang kebetulan pengumumannya juga pada tanggal tersebut. Jadi, untuk cerita selanjutnya saya akan memfokuskan kepada jalur yang saya ikuti bukan jalur SNMPTN undangan.
Jalur Siswa Prestasi, atau yang disingkat dengan JSP, ialah nama suatu PMDK yang saya ikuti. Jalur tersebut memiliki beberapa tahap, antara lain tahap seleksi berkas, pengumuman nominasi, verifikasi, hingga yang terakhir pengumuman lolos atau tidaknya peserta pada JSP tersebut. Diawali dengan pendaftaran JSP yang melibatkan guru BK dan sekolah, saya pun lolos tahap seleksi berkas dan masuk sebagai nominasi peserta yang bisa lolos jalur JSP. Peserta yang masuk ke jurusan yang sama dengan saya berjumlah 20 orang. Itu berarti nilai saya akan bersaing dengan ke-19 peserta lainnya. Melihat hanya 20 peserta (dibandingkan dengan jurusan lain yang mencapai angka 50 bahkan 100 peserta) yang masuk nominasi jurusan yang saya pilih, saya cukup optimis akan bisa mendapatkan satu kursi di PTN tersebut, meski pada saat itu rata-rata nilai saya hanya 7,97. Tahap verifikasi pun saya lakukan bersama teman-teman saya yang juga lolos nominasi.
Setelah menunggu sekitar satu bulan setelah UN, tanggal 18 Mei pun tiba. Saya sengaja tidak tidur untuk melihat pengumuman tepat jam 00.00. Tapi ternyata, ketika jam baru berada pada angka 23.00, pengumuman sudah ada di website PTN tersebut. Segera saya masukkan nomor peserta saya dan langsung saya lihat pengumuman kelulusan. Namun setelah melihat pengumuman tersebut, hanya raut muka tidak percaya membaca tulisan yang kurang lebih berbunyi “Maaf Anda belum lolos seleksi!.” Dengan semangat yang tersisa, saya berusaha menyemangati diri saya dengan berkata “Memang belum rejeki, atau mungkin Allah akan memberi gw yang lebih dari ini.” Meskipun begitu, perasaan tidak percaya masih menyelimuti relung hati saya. Berkali-kali saya mengecek ulang pengumuman tersebut barangkali ada perubahan kata disana, tetapi kalimat di pengumuman masih sama seperti sebelumnya.
Setelah menerima hasil pengumuman yang menyatakan bahwa saya tidak lolos, saya berpikir apa yang sebenarnya menyebabkan itu semua terjadi. Hingga seketika timbul di otak saya “Apa doa saya kepada Tuhan kurang??” Tapi pikiran itu segera saya buang jauh-jauh karena saya yakin Tuhan mengetahui apa yang terbaik untuk hamba-Nya.
-----

“TUHAN mungkin TIDAK SELALU memberikan apa yang hamba-Nya MINTA, tapi TUHAN pasti SELALU memberikan apa yang hamba-Nya BUTUHKAN”

0 Response to "Tuhan dan Hamba-Nya"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai isi tulisan di atas.
Komentar Anda sangat berarti bagi perkembangan blog ini..
Terima Kasih :D

Terima Kasih Atas Kunjungannya - - Silahkan Datang Kembali
Bookmark blog ini (Ctrl+D) || Sewaktu-waktu mungkin dibutuhkan
Toko Online Gratis
HF corner Powered by Blogger