hafizfaturrahman.com

"Petrichor"

Hujan

Pernah melihat hujan?? Jelas pernah bukan. Tapi, pernahkan Anda mencium suatu aroma yang muncul hanya pada saat hujan turun?? Mungkin hanya sebagian orang yang merasakannya. Sebenarnya, berasal darimana aroma itu?? Inilah penjelasannya.
Aroma khas yang muncul saat hujan turun biasa disebut dengan “Petrichor”. Kata ini tersusun dari bahasa Yunani, “petra” yang berarti batu dan “ichor” yang berarti cairan yang mengalir dalam pembuluh darah para dewa dalam mitologi Yunani.
Istilah ini diciptakan oleh dua peneliti Australia, Bear dan Thomas, pada tahun 1964 dalam sebuah artikel di jurnal Nature. Dalam artikel itu, penulis menjelaskan bagaimana wangi khas hujan berasal dari minyak yang dipancarkan oleh tanaman tertentu saat masih kering, kemudian diserap oleh tanah dan batu. Selama hujan, minyak dilepaskan ke udara bersama dengan senyawa geosmin, yang akhirnya menghasilkan aroma khas yaitu Petrichor.
Namun sumber lain mengatakan bahwa penyebab aroma tersebut bukanlah hanya dari minyak yang dikeluarkan oleh tanaman, tapi juga berasal dari bakteri dan bahan kimia.
Bakteri yang menyebabkan aroma hujan adalah Actinomycetes, sebuah bakteri berserabut yang hidup di tanah yang lembap dan hangat dan dapat dijumpai di berbagai negara di seluruh dunia. Ketika tanah mengering, bakteri menghasilkan spora. Ketika hujan, air yang menetes ke tanah membuat spora itu terangkat ke udara dan terhirup oleh manusia. Karena spora itu memiliki wangi yang khas, manusia yang menghirupnya pun merasakan aroma. Aroma yang dihasilkan bakteri ini akan sangat terasa ketika hujan diikuti oleh kondisi terik.
Bakteri Actinomycetes

Aroma Petrichor sering dikemas dalam botol dan dijual sebagai pewangi ruangan. Aroma hujan tidak selalu enak. Mengapa?? Aroma hujan yang ditimbulkan oleh asam di atmosfer menghasilkan wangi yang kurang enak. Bahan kimia yang mengakibatkan polusi udara yang ada di atmosfer bisa membuat hujan bersifat asam. Ketika hujan ini bereaksi dengan bahan organik atau bahan kimia lain di tanah, muncullah aroma khas tersebut. Apabila direaksikan dengan  bensin bisa membuat aroma lebih kuat. Hujan seperti ini sering terjadi di daerah berpolusi tinggi.
Itulah penyebab-penyebab timbulnya aroma khas hujan atau petrichor. Anda menyukainya??

0 Response to ""Petrichor""

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai isi tulisan di atas.
Komentar Anda sangat berarti bagi perkembangan blog ini..
Terima Kasih :D

Terima Kasih Atas Kunjungannya - - Silahkan Datang Kembali
Bookmark blog ini (Ctrl+D) || Sewaktu-waktu mungkin dibutuhkan
Toko Online Gratis
HF corner Powered by Blogger