hafizfaturrahman.com

Tujuanku Adalah Desaku

Muhammad Sulaeman (Eman) ialah seorang pemuda dari keluarga seorang petani yang sangat sederhana yang tinggal di sebuah desa di Nusa Tenggara Barat (NTB). Ia berhasil mendapatkan beasiswa dari sebuah perguruan tinggi negeri di kota Bogor. Kesempatan untuk melanjutkan studi, tak dibiarkan begitu saja olehnya. Ia berangkat ke Bogor meski hanya membawa perlengkapan seadanya.
Saat pertama kali menginjakkan kaki di kampus, ia sangat senang dan ingin secepatnya kuliah di tempat itu. Dua hari kemudian, tibalah acara perkenalan kampus. Saat rektor perguruan tinggi yang bergerak di bidang pertanian itu memberi sambutan, para mahasiswa baru diminta untuk menuliskan apa impian mereka bagi pertanian Indonesia terutama di daerah masing-masing. Tanpa pikir panjang, Eman menulis “Impian saya ialah memajukan segala sektor yang berhubungan dengan pertanian yang ada
di NTB sehingga bisa memajukan pertanian Indonesia secara menyeluruh. Ini janji saya dan akan saya buktikan.”
Seminggu kemudian, kuliah pun dimulai. Eman mengikuti perkuliahan dengan serius. Ia selalu duduk paling depan di setiap mata kuliah. Tak heran jika nilai UTS dan UAS yang dimilikinya selalu mendapatkan hasil yang terbaik. Hingga 3,5 tahun kemudian, ia lulus dengan predikat cumlaude dengan IPK 4.00. Dengan hasil seperti itu, ia banyak ditawari beasiswa untuk melanjutkan studi S2 bahkan S3 di perguruan tinggi terkemuka di Tanah Air. Dan akhirnya ia memilih tetap melanjutkan studinya di Bogor. Tiga tahun berselang ia akhirnya lulus S2 dan S3 dengan hasil yang sangat memuaskan. Eman yang hanya anak seorang petani tak pernah menyangka akan menjadi seperti ini. Banyak tawaran pekerjaan datang kepadanya tapi ia menolaknya dengan alasan ia harus mewujudkan impiannya. Setelah kurang lebih 7 tahun berada di Bogor, pada bulan Agustus yang bertepatan dengan bulan Ramadhan, ia akhirnya pulang ke NTB dan kemudian menceritakan segala kisah perjuangannya di Bogor. Ia tak pernah pulang selama 7 tahun disebabkan tingginya harga transportasi. Selama 7 tahun pula, komunikasi dengan keluarga hanya melalui sambungan telepon, termasuk saat mengabarkan kelulusannya. Hal itu karena ia berpikir lebih baik uangnya untuk mencukupi kebutuhannya selam kuliah. Setelah beberapa minggu di kampung halaman, Eman memulai usahanya untuk memajukan pertanian NTB. Ia menyemangati warga dengan mengatakan bahwa kita bisa maju, NTB dan Indonesia bisa terdepan!! Hingga akhirnya banyak warga yang tersulut semangatnya kembali untuk bertani, berkebun, beternak, dan lain sebagainya. Hingga beberapa tahun kemudian, akhirnya pertanian NTB maju dengan hasil alamnya dan membuat pertanian Indonesia semakin dikenal dunia.
Selesai—
“GANTUNGKANLAH IMPIAN Setinggi Mungkin Dan YAKINLAH Kita MAMPU Meraihnya”
“KONSISTENLAH pada impianmu karena hanya itu yang bisa membuktikan bahwa kita telah SUKSES”


**cerita ini pernah diikutkan dalam kuis film seMESTA menduKUNG di facebook.

0 Response to "Tujuanku Adalah Desaku"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai isi tulisan di atas.
Komentar Anda sangat berarti bagi perkembangan blog ini..
Terima Kasih :D

Terima Kasih Atas Kunjungannya - - Silahkan Datang Kembali
Bookmark blog ini (Ctrl+D) || Sewaktu-waktu mungkin dibutuhkan
Toko Online Gratis
HF corner Powered by Blogger